بسم الله الرحمن الرحيم 
"Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati"


Sabda Beliau saw kepada para istrinya, "Bagaimana (terjadi) ada salah seorang diantara kalian digonggong oleh anjing-anjing Hau-ab" (Musnad Imam Ahmad, Shohih Ibni Hibban, Mushannaf Ibni Abi Syaibah)

kawanan anjing hau'ab
ilustrasi kawanan anjing hau'ab

Dan benarlah terjadi apa yang diberitahukan. Pada perang Jamal, 'Aisyah pergi dengan tujuan ingin mendamaikan antara 'Ali dan Muawiyah. Tatkala ia sampai di sumber air milik bani 'Amir di suatu malam, menggonggonglah anjing-anjing.

Maka 'Aisyah berkata, "Sumber air apa ini?" Mereka menjawab, "Hau-ab."
Maka ia berkata, "Aku kira seharusnya aku kembali."

Namun sebagian orang yang bersamanya berkata, "Bahkan engkau harus terus maju sehingga kaum muslimin melihatmu, lalu Allah mendamaikan di antara mereka."

'Aisyah berkata, "Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah berkata kepada kami suatu hari, bahwa 'Bagaimana (bisa terjadi) ada salah seorang diantara kalian digonggong oleh anjing-anjing Hau-ab.'"

Berita yang benar ini telah terjadi seperti yang Beliau saw sampaikan, sekian tahun sebelum itu terjadi. Maka ini merupakan tanda dari banyak tanda Kenabian Beliau saw. Semoga Allah Ta'ala tunjukan lagi di hadapan dunia ini akan kebenaran dari ajaran Allah SWT dan Islam melalui karamah-karamah auliya' lainnya. 


رب فانفعنا ببرگتهم ، واهدناالحسنی بحرمتهم
وأمتنا فی طريقتهم ، ومعافاة من الفتن