Karomah Wali

Karomah Syekh Samnun bin Hamzah al-Khawas ra

abu muhammad - Wednesday, December 11, 2019 -
بسم الله الرحمن الرحيم 
"Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati"


Beliau adalah sosok ulama yang makrifat dan pemuka kaum sufi, berasal dari Basrah dan tinggal di Baghdad. Beliau mengambil tarekat dari as-Sirri as-Saqothi ra dan lain-lain, hingga akhirnya berhasil menjadi sosok yang amat berwibawa.

ilustrasi burung dikisah syekh samnun

Diantara karomah beliau adalah sebagaimana dituturkan dalam Fawatih al-Jamal yaitu ketika beliau berbicara tentang kecintaan kepada Allah SWT., maka lampu-lampu hias bergerak goncang ke kiri dan kanan. Disebutkan juga dalam ar-Raudl bahwa ketika beliau membicarakan cinta pada Allah, maka lampu-lampu hias di masjid pecah semuanya karena goncangannya. 

Kemudian ada seseorang bertanya pada Beliau, "Mengapa engkau selalu berbicara tentang cinta?" Beliau menjawab, "Aku belum menjumpai dimuka bumi ini ada orang yang bisa membicarakannya dengan mudah."

Suatu hari ada seekor burung hinggap ditangannya, beliau berkata, "Ahh, bisakah kamu menerimanya?" (diajak bercakap ☺) Kemudian Beliau membicarakan kecintaan kepada Allah SWT., dan segeralah paruh burung itu bergetar tertunduk ke tanah, hingga darah mengalir dan tergelepar mati. 

Beliau wafat di Nisabur pada tahun 298H. Kisah ini dituturkan oleh al-Manawi. 
رب فانفعنا ببرگتهم ، واهدناالحسنی بحرمتهم
وأمتنا فی طريقتهم ، ومعافاة من الفتن

0 komentar

Post a Comment